NAVIGATION : INDEX DU FORUM / ACCUEIL DE P2PFR / WIKI

Merci de faire une recherche avant de poster :)

Nous sommes actuellement le 28 Sep 2022 05:40

Heures au format UTC + 1 heure [ Heure d’été ]




Publier un nouveau sujet Répondre au sujet  [ 1 message ] 
Auteur Message
 Sujet du message: Jenis Abon Di Indonesia
MessagePublié: 29 Août 2022 13:58 
Hors-ligne
Mangouste Du Désert

Inscrit le: 29 Août 2022 13:53
Messages: 1
Negara kita Indonesia memang terkenal dengan inovasi kulinernya, banyak makanan yang sudah ada sejak lama kemudian dikembangkan dengan menggabungkan bahan-bahan lain sehingga menjadi makanan yang unik dan lezat. Seperti di abon. Makanan yang terkenal enak, sederhana dan tahan lama ini biasanya berbahan dasar daging sapi, ayam atau ikan yang kemudian diolah menjadi sejenis makanan kering. Ada banyak jenis abon di Indonesia yang menjadi favorit banyak orang, apa sajakah itu? Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak penjelasan jenis-jenis abon di bawah ini
Jenis Abon Di Indonesia
1. Abon Daging sapi
Abon sapi adalah makanan yang populer di Indonesia. Dari namanya tentu saja makanan olahan ini berbahan dasar daging sapi. Daging abon ini diolah dengan cara dimasak, dikeringkan dan dicampur dengan beberapa bumbu tanpa menghilangkan kandungan gizi dari daging sapi tersebut. Abon sapi hampir ada di mana-mana di Indonesia dan semua orang menyukainya, karena rasanya yang enak, gurih dan bisa disimpan berbulan-bulan. Semakin berkembangnya zaman, abon sapi semakin berkembang dengan varian rasa seperti pedas, keju, balado dan lain sebagainya.
2. Abon Tuna
Jika Anda penggemar olahan ikan, Anda bisa mencoba abon ikan tongkol yang terkenal lembut, enak dan bergizi ini. Tuna adalah ikan yang mudah ditemui di perairan Indonesia. Cara memasaknya dibumbui, dan diolah kembali dengan cara direbus, diekstraksi, dan digoreng. Nilai gizinya juga cukup tinggi, ditambah dengan rasa ikan yang khas dan sangat lezat, membuat makanan ini semakin sempurna.
3. Abon Cabe rawit
Makanan pedas selalu menarik perhatian para pecintanya, bahkan sambal yang satu ini, Moms. Varian abon ini dibuat dengan cara mengeringkan cabai yang sudah dibumbui. Atau bisa juga dipadukan dengan bahan lain, misalnya menjadi abon cabai ebi, abon teri merah, abon teri hijau dan sebagainya. Cabai rawit ini sangat populer di Indonesia, dan Anda bisa menemukannya di minimarket atau supermarket terdekat. Makan apa saja dengan taburan cabai rawit akan terasa lebih nikmat. Betul sekali!
4. Abon Ikan lele
Ikan lele menjadi salah satu sumber protein hewani yang banyak dikonsumsi masyarakat, dan mudah diperoleh dengan harga yang relatif murah. Kamu juga bisa memberikan abon lele ini kepada si kecil yang sudah memasuki tahap MPASI karena memiliki kandungan protein yang tinggi dan baik untuk tumbuh kembang si kecil.
5. Abon Ebi
Abon ebi juga tak kalah populer di Indonesia. Makanan olahan berbahan dasar udang kering atau ebi ini bisa dikreasikan menjadi berbagai menu spesial, seperti abon ebi gulung yang kita kebal sebagai sumpia atau abon ebi yang dibungkus menggunakan kulit pangsit lalu digulung dan direkatkan memakai putih telur. Setelah itu digoreng hingga matang. Rasanya gurih, manis dan renyah Moms.
6. Abon dari jantung pisang
Siapa sangka jantung pisang bisa diolah menjadi abon dan bercita rasa tinggi? Untuk cara mengolahnya, Anda bisa menambahkannya dengan kaldu daging, untuk menambah rasa gurih pada makanan olahan tersebut.
Bahan baku jantung pisang ini sangat baik untuk kesehatan tubuh, karena mengandung beberapa kandungan seperti vitamin, zat besi, kalsium, protein dan lain sebagainya.
7. Abon Kambing
Salah satu jenis abon enak yang bisa Anda olah adalah abon kambing. Sesuai dengan namanya, makanan ini terbuat dari olahan daging kambing. Jika diolah dengan cara yang higienis dan tanpa bahan pengawet, abon ini bermanfaat untuk pertumbuhan dan dapat meningkatkan kecerdasan otak anak. Dalam membuat abon kambing sebaiknya daging dikukus terlebih dahulu agar lebih empuk dan memudahkan dalam pengolahannya.
8. Abon jamur tiram
Abon jamur tiram merupakan jenis abon yang murah, yang juga cocok untuk anda yang vegetarian. Makanan ini bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, dan mencegah jenis penyakit lainnya. Keunggulan jamur tiram suwir ini adalah bahan bakunya cukup murah, dan cara pengolahannya tidak terlalu sulit.
9. Lengkuas yang diparut
Makanan olahan abon ini mungkin terdengar aneh, karena makanan abon ini terbuat dari lengkuas sebagai bahan dasarnya. Lengkuas suwir ini bisa dicampur dengan daging sapi yang membuat rasanya sangat khas karena bahan lengkuasnya bisa tercampur dengan rasa dagingnya. Agar seratnya halus, lengkuas bisa dimemarkan sebelum mulai diparut.
10. Makarel Abon
Masih ada lebih banyak pilihan jenis abon ikan yang bisa Anda olah sendiri. Yaitu tuna suwir. Ikan tuna memiliki rasa gurih yang khas, dan rasanya sangat enak dan menyehatkan. Tak heran jika banyak pebisnis kuliner yang menjadikan abon ikan dengan cita rasa tuna sebagai pilihan hidangan yang menarik dan berbeda dari biasanya.
Cara mengolah ikan abon ini bisa dimulai dengan mengukus ikan tuna terlebih dahulu. Setelah dikukus, sebaiknya buang durinya agar mudah saat diolah kembali.
11. Ikan Gabus Abon
Dari sekian banyak jenis abon ikan yang bisa diolah, pilihan lainnya yakni abon ikan gabus. Kelebihan dari jenis abon ikan ini adalah bentuk dan teksturnya yang lembut, enak, memiliki rasa yang gurih berbau menyengat, dan memiliki daya tahan yang relatif lama.
Untuk tahapan dalam proses pembuatan abon ikan gabus ini sebenarnya hampir sama dengan cara pengolahan untuk jenis abon ikan lainnya. Untuk mendapatkan tekstur yang lembut, sebaiknya daging ikan gabus dikukus terlebih dahulu sebelum mulai diolah.
Itulah berbagai jenis abon dengan rasa yang enak dan kandungan gizinya. Setiap jenis abon memiliki kandungan yang berbeda-beda namun tetap memiliki rasa yang enak. Anda juga dapat mengubah abon ini menjadi bisnis yang menguntungkan
Mesin Pembuat Abon
Untuk menjalankan usaha abon sapi ini, alangkah baiknya jika kamu memiliki alat atau mesin yang bisa membantumu dalam proses produksi. Mesin Pembuat Abon sapi bisa kamu gunakan untuk membantu proses pembuatan, menghemat waktu, dan tidak perlu menggunakan banyak tenaga.
Untuk spesifikasi mesin pembuat abon berupa Mesin Suwir Daging, adalah :
Dimensi Mesin Suwir Daging : 500 mm x 300 mm x 800 mm.
Penggerak Mesin Suwir Daging : Elektro Motor ( Motor Listrik ).
Energi Yang Dipakai Mesin Suwir Daging : Listrik.
Daya ( Power ) Mesin Suwir Daging : 1 HP.
Tegangan Listrik Mesin Suwir Daging : 220 Volt 1 Phrase.
Frekuensi Listrik Mesin Suwir Daging : 50 Hz / 60 Hz.
Kapasitas Proses Mesin Suwir Daging : 25 Kg-50 Kg / Jam.
Bahan Material Rangka Mesin Suwir Daging : Stainlees Steel Anti Karat Berstandar Food Grade.

Itu tadi penjelasan mengenai jenis abon di indonesia yang banyak di sukai orang dan mempunyai manfaat yang berbeda di setiap jenisnya.


Rapporter ce message
Haut
 Profil  
Répondre en citant  
Afficher les messages publiés depuis:  Trier par  
Publier un nouveau sujet Répondre au sujet  [ 1 message ] 

Heures au format UTC + 1 heure [ Heure d’été ]


Qui est en ligne ?

Utilisateur(s) parcourant actuellement ce forum : Aucun utilisateur inscrit et 1 invité


Vous pouvez publier de nouveaux sujets dans ce forum
Vous pouvez répondre aux sujets dans ce forum
Vous ne pouvez pas éditer vos messages dans ce forum
Vous ne pouvez pas supprimer vos messages dans ce forum
Vous ne pouvez pas insérer de pièces jointes dans ce forum

Rechercher pour:
Aller vers:  
cron
Powered by phpBB © 2000, 2002, 2005, 2007 phpBB Group
Traduction réalisée par Maël Soucaze © 2010 phpBB.fr